Negara Kêrtagama - 

02 Negara Kertagama 02

anah sebelah timur Jawa terutama Gurun dan Bali, boleh dijelajah tanpa ada yang dikecualikan.
Bahkan menurut kabaran begawan Empu Barada, serta raja pendeta Kuturan telah bersumpah teguh.
Para pendeta yang mendapat perintah untuk bekerja, dikirim ke timur ke barat, di mana mereka sempat melakukan persajian seperti perintah Sri Nata.
Resap terpandang mata jika mereka sedang mengajar.
Semua negara yang tunduk setia menganut perintah.
Dijaga dan dilindungi Sri Nata dari pulau Jawa.
Tapi yang membangkang, melanggar perintah dibinasakan pimpinan angkatan laut yang telah mashur lagi berjasa.
Telah tegak teguh kuasa Sri Nata di Jawa dan wilayah nusantara.
Di Sri Palatikta tempat beliau bersemayam, menggerakkan roda dunia.
Tersebar luas nama beliau, semua penduduk puas, girang dan lega.
Wipra pujangga dan semua penguasa ikut menumpang menjadi mashur.
Sungguh besar kuasa dan jasa beliau, raja agung dan raja utama.
Lepas dari segala duka mengenyam hidup penuh segala kenikmatan.
Terpilih semua gadis manis di seluruh wilayah Jenggala Kediri.
Berkumpul di istana bersama yang terampas dari negara tetangga.
Segenap tanah Jawa bagaikan satu kota di bawah kuasa Sri Paduka.

Ribuan orang berkunjung laksana bilangan tentara yang mengepung pura.
Semua pulau laksana daerah pedusunan tempat menimbun bahan makanan.
Gunung dan rimba hutan penaka taman hiburan terlintas tak berbahaya.
Tiap bulan sehabis musim hujan beliau biasa pesiar keliling.
Desa Sima di sebelah selatan Jalagiri, di sebelah timur pura.
Ramai tak ada hentinya selama pertemuan dan upacara prasetyan.
Girang melancong mengunjungi Wewe Pikatan setempat dengan candi lima.
Atau pergilah beliau bersembah bakti ke hadapan Hyang Acalapati.
Biasanya terus menuju Blitar, Jimur mengunjungi gunung-gunung permai.

Di Daha terutama ke Polaman, ke Kuwu dan lingga hingga desa Bangin.
Jika sampai di Jenggala, singgah di Surabaya, terus menuju Buwun.
Pada tahun 1275 Saka, Sang Prabu menuju Pajang membawa banyak pengiring.
Tahun 1276 ke Lasem, melintasi pantai samudra.
Tahun 1279, ke laut selatan menembus hutan.
Lega menikmati pemandangan alam indah Lodaya, Tetu dan Sideman.
Tahun 1281 di Badrapada bulan tambah.
Sri Nata pesiar keliling seluruh negara menuju kota Lumajang.
Naik kereta diiring semua raja Jawa serta permaisuri dan abdi Mahamantri Agung, tanda, pendeta, pujangga, semua para pembesar ikut serta.

Juga yang menyamar, Empu Prapanca, girang turut mengiring paduka Maharaja.
Tak tersangkal girang sang kawi, putra pujangga, juga pencinta kakawin.
Dipilih Sri Paduka sebagai pembesar kebudaan mengganti sang ayah.
Semua pendeta Buda ramai membicarakan tingkah lakunya dulu.
Tingkah sang kawi waktu muda menghadap raja berkata, berdamping, tak lain. Maksudnya mengambil hati, agar disuruh ikut beliau ke mana juga.
Namun belum mampu menikmati alam, membinanya, mengolah dan menggubah.
Karya kakawin, begitu warna desa sepanjang marga terkarang berturut.
Mula-mula melalui Japan dengan asrama dan candi-candi ruk-rebah.
Sebelah timur Tebu, hutan Pandawa, Daluwang, Bebala di dekat Kanci.

Ratnapangkaja serta Kuti, Haji, Pangkaja memanjang bersambung-sambungan.
Mandala Panjrak, Pongglang serta Jingan.
Kuwu, Hanyar letaknya di tepi jalan.
Habis berkunjung pada candi pasareyan Pancasara, menginap di Kapulungan. Selanjutnya sang kawi bermalam di Waru, di Hering, tidak jauh dari pantai.
Yang mengikuti ketetapan hukum jadi milik kepala asrama Saraya.

Tetapi masih tetap dalam tangan lain, rindu termenung-menung menunggu.
Seberangkat Sri Nata dari Kapulungan, berdesak abdi berarak.
Sepanjang jalan penuh kereta, penumpangnya duduk berimpit-impit.
Pedati di muka dan di belakang, di tengah prajurit berjalan kaki.
Berdesak-desakan, berebut jalan dengan binatang gajah dan kuda.
Tak terhingga jumlah kereta, tapi berbeda-beda tanda cirinya.
Meleret berkelompok-kelompok, karena tiap mentri lain lambangnya.

Rakrian sang Mahamantri Agung Patih Amangkubumi penata kerajaan.
Keretanya beberapa ratus berkelompok dengan aneka tanda.
Segala kereta Sri Nata Pajang semua bergambar matahari.
Semua kereta Sri Nata Lasem bergambar cemerlang banteng putih.
Kendaraan Sri Nata paha bergambar Dahakusuma mas mengkilat.
Kereta Sri Nata Jiwana berhias bergas menarik perhatian.
Kereta Sri Nata Wilwatikta tak ternilai, bergambar buah mala.
Beratap kain geringsing, berhias lukisan mas, bersinar meran indah.
Semua pegawai, parameswari raja dan juga rani Sri Sudewi.
Ringkasnya para wanita berkereta merah berjalan paling muka.

Kereta Sri Nata berhias mas dan ratna manikam paling belakang.
Jempana-jempana lainnya bercadar beledu, meluap gemerlap.
Rapat rampak prajurit pengiring Jenggala Kediri, Panglarang, Sedah Bayangkari gemruduk berbondong-bondong naik gajah dan kuda.
Pagi-pagi telah tiba di Pancuran Mungkur, Sri Nata ingin rehat.
Sang rakawi menyidat jalan, menuju Sawungan mengunjungi kerabat.
Larut matahari berangkat lagi tepat waktu Sri Paduka lalu. Ke arah timur menuju Watu Kiken, lalu berhenti di Matanjung.

Dukuh sepi kebudaan dekat tepi jalan, pohonnya jarang-jarang.
Berbeda-beda namanya Gelanggang, Badung, tidak jauh dari Barungbung.
Tak terlupakan Ermanik, dukuh teguh-taat kepada Yanatraya.
Puas sang darmadyaksa mencicipi aneka jamuan makan dan minum.

Sampai di Kulur, Batang di Gangan Asem perjalanan Sri Baginda.
Hari mulai teduh, surya terbenam, telah gelap pukul tujuh malam Sri Paduka memberi perintah memasang tenda di tengah-tengah sawah.
Sudah siap habis makan, cepat-cepat mulai membagi-bagi tempat.
Paginya berangkat lagi menuju Baya, rehat tiga hari tiga malam.
Dari Baya melalui Katang, Kedung Dawa, Rame, menuju Lampes, Times.
Serta biara pendeta di Pogara mengikut jalan pasir lemak-lembut.
Menuju daerah Beringin Tiga di Dadap, kereta masih terus lari.
Tersebut dukuh kasogatan Madakaripura dengan pemandangan indah.
Tanahnya anugerah Sri Paduka kepada Gajah Mada, teratur rapi.
Di situlah Sri Paduka menempati pasanggrahan yang tehias sangat bergas.
Sementara mengunjungi mata air, dengan ramah melakukan mandi bakti.

Sampai di desa Kasogatan, Sri Paduka dijamu makan minum.
Pelbagai penduduk Gapuk, Sada, Wisisaya, Isanabajra, Ganten, Poh, Capahan, Kalampitan, Lambang, Kuran, Pancar, We, Petang.
Yang letaknya di lingkungan biara, semua datang menghadap. Begitu pula desa Tunggilis, Pabayeman ikut berkumpul.
Termasuk Ratnapangkaja di Carcan, berupa desa perdikan.
Itulah empat belas desa Kasogatan yang berakuwu.
Sejak dahulu delapan saja yang menghasilkan bahan makanan.
Fajar menyingsing, berangkat lagi Sri Paduka melalui Lo Pandak, Ranu Kuning, Balerah, Bare-bare, Dawohan, Kapayeman, Telpak, Baremi, Sapang serta Kasaduran.
Kereta berjalan cepat-cepat menuju Pawijungan. Menuruni lurah, melintasi sawah, lari menuju Jaladipa, Talapika, Padali, Arnon dan Panggulan.
Langsung ke Payaman, Tepasana ke arah kota Rembang.
Sampai di Kemirahan yang letaknya di pantai lautan.

Di Dampar dan Patunjungan Sri Paduka bercengkerama menyisir tepi lautan.
Ke jurusan timur turut pasisir datar, lembut-limbur dilintasi kereta.
Berhenti beliau di tepi danau penuh teratai, tunjung sedang berbunga.
Asyik memandang udang berenang dalam air tenang memperlihatkan dasarnya. Terlangkahi keindahan air telaga yang lambai-melambai dengan lautan.
Danau ditinggalkan menuju Wedi dan Guntur tersembunyi di tepi jalan.
Kasogatan Bajraka termasuk wilayah Taladwaja sejak dulu kala.
Seperti juga Patunjungan, akibat perang belum kembali ke asrama.
Terlintas tempat tersebut, ke timur mengikut hutan sepanjang tepi lautan.
Berhenti di Palumbon berburu sebentar, berangkat setelah surya larut.
Menyeberangi sungai Rabutlawang yang kebetulan airnya sedang surut.
Menuruni lurah Balater menuju pantai lautan lalu bermalam lagi.
Pada waktu fajar menyingsing, menuju Kunir Basini, di Sadeng bermalam.

Malam berganti malam, Sri Paduka pesiar menikmati alam Sarampuan.
Sepeninggal-nya beliau menjelang kota Bacok bersenang-senang di pantai.
Heran memandang karang tersiram riak gelombang berpancar seperti hujan.
Tapi sang rakawi tidak ikut berkunjung di Bacok, pergi menyidat jalan.
Dari Sadeng ke utara menjelang Balung, lerus menuju Tumbu dan Habet.
Galagah, Tampaling, beristirahat di Renes seraya menanti Sri Paduka.
Segera berjumpa lagi dalam perjalanan ke Jayakreta-Wanagriya.
Melalui Doni Bontong. Puruhan, Bacek, Pakisaji, Padangan terus ke Secang.
Terlintas Jati Gumelar, Silabango. Ke utara ke Dewa Rame dan Dukun.
Lalu berangkat lagi ke Pakembangan.
Di situ bermalam, segera berangkat. Sampailah beliau ke ujung lurah Daya.
Yang segera dituruni sampai jurang. Dari pantai ke utara sepanjang jalan.
Sangat sempit sukar amat dijalani. Lumutnya licin akibat kena hujan. Banyak kereta rusak sebab berlanggar.

Terlalu lancar lari kereta melintas Palayangan.
Dan Bangkong dua desa tanpa cerita terus menuju Sarana, mereka yang merasa lelah ingin berehat.
Lainnya bergegas berebucalan menuju Surabasa.
Terpalang matahari terbenam berhenti di padang lalang.
Senja pun turun, sapi lelah dilepas dari pasangan.

Perjalanan membelok ke utara melintas Turayan.
Beramai-ramai lekas-lekas ingin mencapai Patukangan.
Panjang lamun dikisahkan kelakuan para mentri dan abdi.
Beramai-ramai Sri Paduka telah sampai di desa Patukangan.
Di tepi laut lebar tenang rata terbentang di barat Talakrep Sebelah utara pakuwuan pesanggrahan Sri Baginda.
Semua Mahamantri Agung mancanagara hadir di pakuwuan.
Juga jaksa Pasungguhan Sang Wangsadiraja ikut menghadap.
Para Upapati yang tanpa cela, para pembesar agama.
Panji Siwa dan Panji Buda faham hukum dan putus sastera.
Sang adipati Suradikara memimpin upacara sambutan.

Diikuti segenap penduduk daerah wilayah Patukangan.
Menyampaikan persembahan, girang bergilir dianugerahi kain Girang rakyat girang raja, pakuwuan berlimpah kegirangan.
Untuk pemandangan ada rumah dari ujung memanjang ke lautan.
Aneka bentuknya, rakit halamannya, dari jauh bagai pulau.
Jalannya jembatan goyah kelihatan bergoyang ditempuh ombak.
Itulah buatan sang arya bagai persiapan menyambut raja.
Untuk mengurangi sumuk akibat teriknya matahari Sri Paduka mendekati permaisuri seperti dewa-dewi.
Para putri laksana apsari turun dari kahyangan.
Hilangnya keganjilan berganti pandang penuh heran cengang.
Berbagai-bagai permainan diadakan demi kesukaan.
Berbuat segala apa yang membuat gembira penduduk.
Menari topeng. bergumul, bergulat, membuat orang kagum.
Sungguh beliau dewa menjelma sedang mengedari dunia.
Selama kunjungan di desa Patukangan Para Mahamantri Agung dari Bali dan Madura.

Dari Balumbung, kepercayaan Sri Paduka Mahamantri Agung seluruh Jawa Timur berkumpul.
Persembahan bulu bekti bertumpah-limpah.
Babi, gudel, kerbau, sapi, ayam dan anjing.
Bahan kain yang diterima bertumpuk timbun.
Para penonton tercengang-cengang memandang.
Tersebut keesokan hari pagi-pagi.
Sri Paduka keluar di tengah-tengah rakyat.
Diiringi para kawi serta pujangga. Menabur harta membuat gembira rakyat.
Hanya pujangga yang menyamar Empu Prapanca sedih tanpa upama Berkabung kehilangan kawan kawi-Buda Panji Kertayasa.
Teman bersuka-ria, ternan karib dalam upacara gama.
Beliau dipanggil pulang, sedang mulai menggubah arya megah.
Kusangka tetap sehat, sanggup mengantar aku ke mana juga.
Beliau tahu tempat-tempat mana yang layak pantas dilihat.
Rupanya sang pujangga ingin mewariskan karya megah indah.
Namun mangkatlah beliau, ketika aku tiba, tak terduga.
Itulah lantarannya aku turut berangkat ke desa Keta. Melewati Tal Tunggal, Halalang panjang. Pacaran dan Bungatan Sampai Toya Rungun, Walanding, terus Terapas, lalu beralam.
Paginya berangkat ke Lemah Abang, segera tiba di Keta.

Tersebut perjalanan Sri Baginda ke arah barat.
Segera sampai Keta dan tinggal di sana lima hari.
Girang beliau melihat lautan, memandang balai kambang.
Tidak lupa menghirup kesenangan lain sehingga puas.
Atas perintah sang arya semua Mahamantri Agung menghadap.
Wiraprana bagai kepala upapati Siwa-Buda.
Mengalir rakyat yang datang sukarela tanpa diundang.
Membawa bahan santapan, girang menerima balasan.
Keta telah ditinggalkan.
Jumlah pengiring malah bertambah.
Melintasi Banyu Hening, perjalanan sampai Sampora.
Terus ke Daleman menuju Wawaru, Gebang, Krebilan.
Sampai di Kalayu Sri Paduka berhenti ingin menyekar.
Kalayu adalah nama desa perdikan kasogatan.
Tempat candi pasareyan sanak kadang Sri Paduka Prabu.


Sumber : http://religi.wordpress.com/2007/03/16/kitab-negara-kertagama-terjemahan

 kds penutup
wangsul-manginggil

Вадим Логофет Москваресторан гусятников официальный сайтооо полигон

Kaca Ngajeng

IKON KIDEMANG 2016 A

 
ikon-penanggalan
ikon-piwulang-kautaman
ikon-puspawarna
 ikon-pasinaon
 ikon-referensi
 ikon-naskah-kuno
 ikon-cerkak
 ikon-kesenian
 ikon-galeria
 ikon-kendhang
 ikon-lelagon
 ikon-resep-masakan
 ikon-download

Link Sutresna Jawa

kongres-bahasa-jawa
candi-diy-jateng
sejarah-medang

    Jumlah Pengunjung

9897129
  Hari ini     :  Hari ini :613
  Kemarin     :  Kemarin :1497
  Minggu ini   :  Minggu ini :6212
  Bulan ini   :  Bulan ini :41910
Kunjungan Tertinggi
04-17-2020 : 6517
Online : 11

Kontak Admin.

email-kidemang